Selasa, 03 Agustus 2021

AKSI NYATA – MODUL 2.1

TUGAS MODUL 2.1.a.10

AKSI NYATA – MODUL 2.1 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

 1. Latar Belakang

Pembelajaran berdiferensi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid ( Tomlinson 2000). Pada proses pembelajaran berdiferensiasi ini lebih menekankan pada kebutuhan individu, dimana kita tahu bahwa murid pada kenyataannya merupakan pribadi yang unik dan mempunyai ciri khas masing-masing. Anak yang terlahir dengan kondrat alam dan zamannya yang membutuhkan seorang guru yang dapat menuntun lakunya bukan kodratnya.

Melihat kondisi ini guru harus lebih memperhatikan kebutuhan belajar karena telah meyadari bahwa setiap murid mempunyai kebutuhan yang berbeda  dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Untuk melakukan pembelajaran tersebut guru memetakan dulu kebutuhan belajar murid dengan menerapkan 3 aspek penting, yaitu belajar murid, minat murid dan profil belajar murid.

2. Tujuan

Adapun tujuan dari Tindakan aksi nyata ini adalah sebagai berikut :

  1.  pendataan kebutuhan belajar murid
  2.  mengembangkan pembelajaran dengan pembelajaran berdiferensi
  3.  Mengembangkan inisiatif yang tinggi pada murid
  4. Menumbuhkan rasa saling menghargai diri sendiri dan orang lain

3. Tolak Ukur

Adapun tolak ukur keberhasilan dari aksi nyata yang dilaksanakan ini adalah sebagai berikut :

  • Persentase sejumlah 90% - 100 % murid melaksanakan pembelajaran berdiferensi
  • Terwujudnya murid yang mandiri, disiplin, tanggungjawab dan saling menghargai pada saat kegiatan pembelajaran
  • Terwujudnya pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada murid
  • Dokumentasi RPP Pembelajaran berdiferensiasi

4. Linimasa Tindakan yang akan dilakukan

Adapun linimasa Tindakan yang akan saya lakukan untuk mewujudkan aksi nyata ini adalah sebagai berikut :

  • Menyusun instrument pelakasanaan aksi nyata, dengan menyusun terlebih dahulu sebuah RPP berdifernsiasi
  • memetakan dan mengkatagorikan dahulu kondisi siswa berdasarkan kesiapan belajar, minat dan profil belajarnya
  •  Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
  • Melakukan pembelajaran berdiferensiasi sesuai RPP yang sudah dibuat
  • Refleksi kegiatan pembelajaran berdiferensiasi

5. Dukungan yang dibutuhkan

Untuk melancarkan pelaksanaan  tindakan aksi nyata yang telah disusun, tentunya memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Adapun dukungan yang diperlukan yaitu dukungan dari :

  •  Sekolah, sebagai tempat mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki murid dengan program yang terstruktur dan sistematis
  • Murid, keterlibatan murid sangat penting dalam keikutsertaannya membuat kesepakatan kelas untuk mewujudkan budaya positif
  • Keluarga, sebagi tempat pendidikan pertama bagi murid sebagai cikal awal pembentukan karakter untuk mewujudkan budaya positif di sekolah. 

6. Pembelajaran yang didapatkan

Faktor Pendukung (Keberhasilan) :

  •  Dukungan dari kepala sekolah, rekan sejawat dan orangtua murid
  •  Usulan ide  murid dapat tersalurkan
  • Harapan tentang pembelajaran yang berpihak pada murid 

Faktor penghambat (kegagalan) :

  •  Perbedaan karakteristik murid yang beragam
  • Adaptasi dari budaya lama ke budaya baru membutuhkan proses dan waktu

7. Rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang

  • 1.     Pembuatan RPP berdiferensiasi di setiap materi pembelajaran
  • 2.     Hasil produk morid telah dibuat  ditempel di kelas, perlu juga didokumentasi dan di posting  pada media sosial, dengan tujuan meneumbuhkan rasa kepercayaan diri yang tinggi pada murid


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3.2.a.10. Aksi Nyata - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

3.2.a.10. Aksi Nyata - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya oleh : Desy Apriana, S.E., M.Pd SMP Al Kautsar Bandar Lampung CGP Angkatan 2...