TUGAS MODUL 2.1.a.10
AKSI NYATA – MODUL 2.1 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
1. Latar Belakang
Pembelajaran berdiferensi adalah usaha untuk menyesuaikan
proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap
murid ( Tomlinson 2000). Pada proses pembelajaran berdiferensiasi ini lebih
menekankan pada kebutuhan individu, dimana kita tahu bahwa murid pada
kenyataannya merupakan pribadi yang unik dan mempunyai ciri khas masing-masing.
Anak yang terlahir dengan kondrat alam dan zamannya yang membutuhkan seorang
guru yang dapat menuntun lakunya bukan kodratnya.
Melihat kondisi ini guru harus lebih memperhatikan kebutuhan belajar karena telah meyadari bahwa setiap murid mempunyai kebutuhan yang berbeda dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Untuk melakukan pembelajaran tersebut guru memetakan dulu kebutuhan belajar murid dengan menerapkan 3 aspek penting, yaitu belajar murid, minat murid dan profil belajar murid.
2. Tujuan
Adapun tujuan dari Tindakan aksi nyata ini adalah sebagai berikut :
- pendataan kebutuhan belajar murid
- mengembangkan pembelajaran dengan pembelajaran berdiferensi
- Mengembangkan inisiatif yang tinggi pada murid
- Menumbuhkan rasa saling menghargai diri sendiri dan orang lain
3. Tolak Ukur
Adapun tolak ukur keberhasilan dari aksi nyata yang dilaksanakan ini adalah sebagai berikut :
- Persentase sejumlah 90% - 100 % murid melaksanakan pembelajaran berdiferensi
- Terwujudnya murid yang mandiri, disiplin, tanggungjawab dan saling menghargai pada saat kegiatan pembelajaran
- Terwujudnya pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada murid
- Dokumentasi RPP Pembelajaran berdiferensiasi
4. Linimasa Tindakan yang
akan dilakukan
Adapun linimasa Tindakan yang akan saya lakukan untuk mewujudkan aksi nyata ini adalah sebagai berikut :
- Menyusun instrument pelakasanaan aksi nyata, dengan menyusun terlebih dahulu sebuah RPP berdifernsiasi
- memetakan dan mengkatagorikan dahulu kondisi siswa berdasarkan kesiapan belajar, minat dan profil belajarnya
- Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
- Melakukan pembelajaran berdiferensiasi sesuai RPP yang sudah dibuat
- Refleksi kegiatan pembelajaran berdiferensiasi
5. Dukungan yang dibutuhkan
Untuk melancarkan
pelaksanaan tindakan aksi nyata yang
telah disusun, tentunya memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Adapun
dukungan yang diperlukan yaitu dukungan dari :
- Sekolah, sebagai tempat mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki murid dengan program yang terstruktur dan sistematis
- Murid, keterlibatan murid sangat penting dalam keikutsertaannya membuat kesepakatan kelas untuk mewujudkan budaya positif
- Keluarga, sebagi tempat pendidikan pertama bagi murid sebagai cikal awal pembentukan karakter untuk mewujudkan budaya positif di sekolah.
6. Pembelajaran yang
didapatkan
Faktor Pendukung (Keberhasilan) :
- Dukungan dari kepala sekolah, rekan sejawat dan orangtua murid
- Usulan ide murid dapat tersalurkan
- Harapan tentang pembelajaran yang berpihak pada murid
Faktor penghambat
(kegagalan) :
- Perbedaan karakteristik murid yang beragam
- Adaptasi dari budaya lama ke budaya baru membutuhkan proses dan waktu
7. Rencana perbaikan untuk
pelaksanaan di masa mendatang
- 1.
Pembuatan RPP berdiferensiasi di setiap materi
pembelajaran
- 2.
Hasil produk morid telah dibuat ditempel di kelas, perlu juga didokumentasi
dan di posting pada media sosial, dengan
tujuan meneumbuhkan rasa kepercayaan diri yang tinggi pada murid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar